Langsung ke konten utama

Olahraga Lompat Tinggi Galah


Apa sich pemahaman olahraga lompat tinggi galah itu? adalah lompat tinggi yang dibantu dengan satu galah panjang serta fleksibel untuk melompati satu mistar, dimana maksudnya ialah melonjak setingginya. Olahraga lompat tinggi galah sendiri adalah satu diantara cabang olahraga atletik, yakni cabang lompat.

Baca Juga sarana dan prasarana lompat tinggi 
Baca Juga tiang lompat tinggi

Sejarah Singkat Olahraga lompat tinggi galah

Cabang olah raga ini datang dari benua Eropa, persisnya di negara Belanda. Awalannya galah cuma dipakai untuk melalui sungai atau rawa-rawa, sebab Belanda adalah satu diantara negara yang punya banyak danau serta sungai.

Pada saat itu beberapa orang Belanda tetap simpan galah sebab dipakai saat akan menyebrangi sungai serta danau, atau saat melancong dari satu tempat ke tempat yang lain. Kemudian diperkenalkanlah olahraga lompat tinggi galah danau (Foerljeppen).

Semula laga olahraga lompat tinggi galah tidak mempertimbangkan ketinggian, yang diukur hanalah jarak yang dapat diraih oleh satu orang pelompat.

Laga ini mulai mengukur tinggi jadi unsur penentu juara yakni saat ditandingkan pada tahun 1843 di klub sepak bola serta kriket, Cumbria, Inggris.

Saat itu, galah yang dipakai dibuat dari kayu yang di bagian ujungnya dibuat tajam. Seiring waktu berjalan, jaman makin maju serta hebat, persisnya pada tahun 1896, olahraga lompat tinggi galah sah masuk ke persaingan olimpiade atletik.

saat itu, galah yang digunkan dibuat dari bambu serta alumunium , sedang pemakaian galah fleksibel yang dibuat dari fiber glass serta serat karbon mulai diperkenalkan pada tahun 1950-an.

Baca Juga sarana dan prasarana lompat tinggi 
Baca Juga tiang lompat tinggi

Tingkatan Olahraga lompat tinggi galah

1. Awalan

Tingkatan pertama dalam lakukan olahraga lompat tinggi galah yakni awalan. Yang mana awalan adalah tingkatan lari pada trek menjadi style dorong waktu lakukan lompat jauh.

Makin kencang lari yang dikerjakan jadi makin kuat style dorong yang dipunyai hingga lompatan yang dikerjakan dapat lebih optimal.

2. Tolakan

Yang ke-2 ialah tolakan, yakni sandaran akhir sebelum lakukan lompatan. Papan yang dibikin spesial adalah media yang dipakai untuk lakukan satu tolakan, serta di ketentuan lompat jauh waktu lakukan tolakan berpatokan pada papan itu, jika melewati papan itu jadi lompatan yang dikerjakan dipandang tidak berhasil serta harus diulang.

3. Melayang

Setelah itu melayang-layang, yang mana pada step ini satu orang olahragawan diwajibkan untuk melayang-layang sepanjang kemungkinan di atas udara.

Waktu melayang olahragawan membuat gaya-gaya di udara yang mempunyai tujuan untuk menjaga badan di atas udara, hingga style itu juga bisa disebutkan dengan style lompat jauh.

4. Pendaratan

Step yang paling akhir ialah pendaratan atau landing. Step berikut yang akan tahu sejauh mana lompatan yang sudah dikerjakan.

Biasanya waktu lakukan pendaratan olahragawan memakai ke-2 kaki untuk meminimalkan cidera, sedang untuk mengoptimalkan jauh lompatan dengan memakai style jongkok serta kaki condong ke arah depan.

Ukuran Lapangan Olahraga lompat tinggi galah

Sama dengan cabang olah raga biasanya, olahraga lompat tinggi galah punya ukuran lapangan tertentu, berikut ukuran lapangan olahraga lompat tinggi galah :

Trek lari memiliki ukuran panjang 45 mtr. – 147 mtr. ft 7 in dari titik awal sampai ke kotak tancap galah.
Kotak tancap galah punya panjang 1 mtr. sampai 1,084 mtr. serta lebarnya 60 cm. panjang wilayah miring pada kotak tancap punya ukuran 80 cm. untuk kedalamannya sendiri 20 cm atau 8 in.
Tiang penyangga palang dengan panjang 4,5 mtr..
Bantalan untuk datang yang dibuat dari spon/busa serta punya ukuran 5 mtr. x 5 mtr..

Ukuran Tongkat/Galah

Tongkat galah sendiri adalah alat yang sangat penting dalam cabang olah raga ini, serta kualitas tongkat bisa memengaruhi potensi lentingan atau tinggi lompatan saat pelari telah menanamkan galahnya pada kotak tancap galah.

Tongkat galah harus sesuai dengan berat tubuh olahragawan, jika olahragawan punya berat sebesar 60 kg, jadi galah yang dipakai harus sesuai berat olahragawan itu yakni 60kg supaya galah dapat mengusung tubuh olahragawan waktu melonjak.

Tehnik Olahraga lompat tinggi galah

Tehnik Pendaratan

Olahragawan olahraga lompat tinggi galah umumnya datang dengan sikap duduk atau cukup tidur telentang. Tehnik pendaratan ini bergantung dari perebutan kesetimbangan satu orang olahragawan waktu melayang-layang turun. Serta alas pendaratan dibuat berbahan lunak untuk kurangi risiko cidera.

Tehnik Melalui Mistar

Tehnik melalui mistar dikerjakan dengan memakai kaki kiri jadi pijakan yang dibarengi dengan galah supaya badan dapat terangkat ke atas. 1/2 badan telah melalui mistar, jadi galah harus dilepaskan diawali dengan melepas tangan kiri terlebih dulu, kemudian baru tangan kanan.

Tehnik Mengayun

Setelah itu tehnik mengayun, Jika kaki kiri tidak mencapai tanah serta ke-2 lengan lurus di atas kepala, jadi angkat paha kanan ke atas depan. Kemudian ayunkan kaki kiri ke atas mengejar kaki kanan. Serta pada sekarang ke-2 kaki telah terayun melewati kepala.

Dorong tubuh keatas sekalian memutar tubuh ke kiri dengan sandaran tangan yang masih ada di galah saat ke-2 kaki telah terayun secara benar ke atas.

Tehnik Menanamkan Galah

Pegang galah dengan ke-2 tangan, selanjutnya tusukkan pada lubang yang sudah disiapkan. Pada saat ujung galah telah ada di lubang, gerakkan tangan kiri mengarah pegangan tangan kanan, lalu ngkat kaki samping kanan sekalian mengarahkan ke-2 tangan ke atas dengan menampik dengan kuat pada kaki kiri pada papan yang sudah disiapkan. Kemudian luruskan ke-2 tangan saat kaki tidak sentuh tanah.

Tehnik Awalan

Dalam lakukan tehnik awalan tak perlu terburu-buru. Lakukan dengan setahap dengan diikuti pergerakan freewheeling sebelum menanamkan galah. Galah digenggam dengan erat serta galah tidak bisa bergerak saat sedang lari. Pandangan konsentrasi pada mistar.

Galah harus lurus ke depan dengan tinggi ujung galah melewati kepala. Rendahkan galah dengan setahap, lalu tusuk ujung galah pada lubang yang sudah disediakan oleh juri.

Tehnik Menggenggam Galah

Waktu menggenggam galah, galah harus diletakkan pada tangan kiri di muka dengan punggung telapak tangan menghadap ke atas. Kemudia jari tangan ditempatkan di samping kanan sisi kanan, terkecuali jari jempol. Jari jempol diletakkan di bagian bawah.

Siku tangan kanan dilipat seputar 90 derajat serta tempatkan tangan kanan di belakang tubuh. Pegang galah dengan erat lalu tekan galah ke bawah dengan memakai tangan kanan sampai tempat tangan lebih rendah dari tangan kanan.

Tempat galah ada antara pegangan tangan kiri serta tangan kanan serta ada dekat sama tubuh setinggi pinggang. Sikap pundak datar serta tubuh dicondongkan mengarah depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Senam Trampolin? Apasaja Sih Manfaatnya?

Senam Trampolin – salah satu olahraga yang disukai warga Indonesia. Senam trampolin yang banyak juga disukai sebab beberapa senam ini tidak memerlukan alat membantu spesial serta senam trampoline sendiri bisa dikerjakan dimanapun dan setiap saat contoh di lapangan serta lainnya. Baca Juga matras sekolah  Baca Juga Senam Lantai Serta olahraga senam trampoline sendiri sekarang jadi satu diantara kurikulum harus di tiap sekolah. Senam trampoline yang biasa bisa dikerjakan dalam satu minggu sekali oleh beberapa lembaga atau lainnya di indonesia. Olahrga ini benar-benar praktis serta kaya dengan faedah yang telah jadi satu diantara kelebihan dari olahraga senam trampilon. Baca Juga matras sekolah  Baca Juga Senam Lantai Buat kalian yang masih mungkin bingung tentang pemahaman senam, kalian bisa mengerti berikut ini baca sedetailnya tentang keterangan, serta pemahaman senam trampolin . Senam trimpolin marupakan satu diantara cabang olahraga yang

Scoreboard Untuk Olahraga Softball

Softball salah satu cabang olahraga permainan ini benar-benar menarik, sebab dalam permainannya memakai seragam yang menarik serta memakai teriakan-teriakan dengan arti asing. Di Indonesia Softball seperti dengan permainan Bola Kasti. Dalam satu permainan butuh diresmikan peraturan-peraturan yang perlu ditaati oleh pemain, tidak kecuali dalam permainan Softball. Baca Juga scoreboard tenis lapangan   Baca Juga scoreboard takraw Ketentuan di Dalam Laga a. Dikerjakan undian dengan uang logam untuk memastikan siapa sebagai team penjaga (Home-Team / HT) serta siapa team pemukul (Visiting-Team/ VT). b. Jumlahnya permainan dikerjakan dalam 7 inning. c. Jika satu team tidak hadir di lapangan pada saat berlaga, team itu dikatakan kalah serta team yang menang mendapatkan nilai 7-0. d. Nilai tidak dihitung jika berlangsungnya bertepatan dengan berlangsungnya out yang ke-3 di base 1 di-katuk di lain tempat (sebelum sampai base). e. Untuk lamanya laga Softbal